Friday, March 4, 2016

Sepeda Motor Honda



Honda CBR250R


Honda CBR250R (model Honda MC41) adalah sepeda motor sport silinder tunggal buatan Honda. Sepeda motor ini utamanya ditujukan untuk pasar Thailand dan India, akan tetapi kini dijual di seluruh dunia, termasuk Eropa, Amerika Utara, dan wilayah lainnya.


Pada Oktober 2013 Honda CBR300R dengan lengan ayun piston yang lebih panjang diumumkan peluncurannya di Pameran Sepedamotor Internasional China di Chongqing, dengan mesin ditingkatkan menjadi 249.6 to 286 cc (15.23 to 17.45 cu in) sebagai jawaban atas Kawasaki Ninja 300. Honda menyatakan bahwa model terbaru ini memiliki kekuatan tenaga kuda yang lebih besar, dari 26 to 30.5 bhp (19.4 to 22.7 kW), dan torque yang lebih besar, dari 17 to 20 lb·ft (23 to 27 N·m).
Di negara berkembang di mana sepeda motor standar memiliki kapasitas mesin 125–150 cc (7.6–9.2 cu in) kapasitas yang lebih besar dari 249.5 cc (15.23 cu in) CBR250R adalah pada ujung atas dari kisaran motor sport. Dengan fairing berlapis khas Honda, motor ini tampak mirip, tetapi memiliki mesin motor sport jauh lebih kuat, daripada model pendahulunya; CBR1000RR Fireblade keluaran tahun 2008 dan VFR1200F keluaran tahun 2010. Di negara industri maju yang lebih kaya, CBR250R memasuki ujung pasar yang berlawanan, sebagai sepeda motor serbaguna murah kelas pemula yang praktis dan hemat bahan bakar, tetapi dengan kemampuan balap motor sport yang terbatas.
Di Amerika Serikat, CBR250R baru adalah pesaing utama bagi Kawasaki Ninja 250R yang telah bersaing sejak dasawarsa 1990-an. Sepeda motor CBR250R memiliki sistem mekanis pilihan antara sistem rem kombinasi dan sistem rem anti terkunci, hal yang tidak biasa pada rentang harganya.
Rancangan CBR250R mengikuti gaya VFR1200F, dengan ciri lampu depan berbentuk Y dan lapisan tengah yang menonjol dan menciptakan penampilak berlapis. Arah baru desain sepeda motor Honda ini pertama kali diluncurkan pada pameran Intermot tahun 2008 dengan menampilkan model konsep V4, serta CBR1000RR Fireblade tahun 2008.
Kolumnis desain Motorcycle Consumer News Glynn Kerr mengamati bahwa arah baru dalam desain sepeda motor ini sesuai dengan pola tren sepeda motor yang meniru, tapi tertinggal, dengan gaya desain mobil. Desain sepeda motor bergeser dari tajam, "luwes", bentuk panah — seperti gaya 2010-an menuju desain yang lebih berat, "chunky" gaya dengan tinggi, hidung tumpul, dan, di mobil, "pinggang tinggi" di tengah dengan jendela pendek dan pilar tebal. Kerr mengutip Chrysler 300 sebagai comtoh terbaik, demikian juga mobil yang lebih kecil, seperti Audi A3 dan Suzuki Swift, berkomentar bahwa, "agresi kini ditampilkan dalam bentuk kuat dan tegas, daripada bentuk ringan dan seperti panah... panah telah digantikan oleh palu."
Dalam sepeda motor, perubahan gaya ini ditafsirkan dengan bagian depan yang lebih berat, membalikkan sudut lampu, dan penggunaan sedikit atau tidak ada warna sama sekali pada paruh belakang sepeda untuk menekankan seperempat bagian depan dari sepeda motor. Dalam aspek ini, Kerr juga melihat pengaruh dari Morbidelli V8 tahun 1994, Yamaha TDM850 tahun 1991, dan Honda DN-01 keluaran 2005. Pada CBR1000RR 2008, Kerr berpikir bahwa garis vertikal yang dominan menghasilkan bagian atas yang canggung dan terlihat berat yang bermain melawan gaya tradisional replika gaya motor balap dengan garis bodi miring ke bawah ke arah depan. VFR1200F tahun 2010 secara visual lebih berhasil karena gaya baru itu lebih cocok untuk sepeda motor touring yang berproporsi lebih besar, dan terlepas dari iterasi ketiga gaya Honda menjadi motor yang jauh lebih kecil, namun Kerr mengatakan, "CBR250R terbaru memiliki tampilan lebih baik daripada kakaknya." Ulasan dari Ottawa Citizen's oleh David Booth juga menyatakan bahwa CBR250R terlihat lebih bagus daripada VFR1200F, berkomentar bahwa, "Dimana berbagai tonjolan dari VFR besar adalah sedikit terlalu Jessica Rabbit alias terlalu berlebihan, gaya CBR250R kecil jauh lebih halus dan benar-benar terlihat berkelas."
Ulasan atas CBR250R umumnya menilai performanya dibandingkan dengan pesaing utamanya, yang di Amerika Serikat dan Kanada adalah Kawasaki Ninja 250R. Sepeda motor Hyosung GT250, yang dimerek ulang sebagai ATK GT250 tahun 2011, juga merupakan kompetitor potensial di pasar tersebut, meskipun dinilai lebih buruk dalam perbandingan. Di India, Kawasaki Ninja 250R dan Hero Honda Karizma R adalah pesaing utamanya. Meskipun memiliki kekuatan puncak yang lebih rendah dan kecepatan tertinggi yang lebih rendah dari Ninja 250, CBR dipuji memiliki torque yang lebih baik pada kecepatan rendah, itu artinya CBR lebih mudah berakselerasi dari kecepatan rendah dengan tanpa kebisingan dan drama. Sedangkan Ninja harus digas hingga putaran mesin 9,000 rpm ke atas agar dapat menampilkan kekuatan penuhnya. Hal ini membuat CBR250R lebih nyaman dan mudah dikendarai, daripada Ninja yang lebih sporty tapi lebih menantang. Keluhan dari The Economic Times di Mumbai termasuk kecenderungan untuk berdiri jika pengendara melakukan kecerobohan koreksi tengah sudut, serta rem dan suspensi tidak sampai ke standar dari lintasan sepeda motor. Ulasan India ini juga menganggap bahwa berat kotor motor 161 kg (355 lb) sebagai "tidak terlalu ringan", sementara wartawan Amerika menganggapnya kelas bulu, "terlalu gesit, mudah diputar hampir terlalu ringan," sekitar 16.5 lb (7.5 kg) lebih ringan dari Ninja 250R. Rem Ninja 250R lebih baik, memiliki rasa linear dengan gigitan awal yang lebih kuat dan dapat berhenti dari 60 to 0 mph (97 to 0 km/h) sejauh 121.5 ft (37.0 m), semenmtara CBR250R, membutuhkan jarak henti sejauh 123.4 ft (37.6 m). Motor ini dipuji untuk pilihan rem gabungan anti terkunci, suatu anugerah bagi pengendara pemula terlepas dari jarak pengereman yang sedikit lebih pendek daripada Ninja 250R oleh pembalap terlatih. Kevin Ash, setinggi 6 ft 3 in (1.91 m), menemukan bahwa dimensi motor ini nyaman bagi orang setinggi dia, sementara David Booth mengingatkan bahwa motor ini mungkin terasa lebih sempit bagi pengendara yang bertubuh lebih tinggi.
Dalam suatu perbandingan head to head, MotorcycleUSA menyebutkan Ninja 250R lebih baik karena memiliki kecepatan dan pengendalian yang lebih unggul. Para penguji Motorcycle Consumer News menemukan bahwa CBR250R adalah pilihan yang lebih baik, berdasarkan perkiraan kebutuhan pembeli potensial di AS, untuk pengendara pemula, atau mereka yang membutuhkan sepeda motor praktis untuk bepergian jarak jauh, meskipun demikian "jika performa mesin adalah tujuan Anda, tanpa mempedulikan efisiensi bahan bakar, maka Ninja 250R mungkin adalah pilihan yang baik
Model produksi diluncurkan pada Thailand International Motor Expo 2010 pada 27 November 2010, Hong Kong Central District pada 28 November 2010, dan EICMA 2010.
Model global CBR250R diproduksi oleh Pabrik Honda Thai di Thailand, dengan penjualan dimulai pada November 2010, dilanjutkan pada musim semi 2011 di Jepang. Model India dan Amerika Selatan diproduksi oleh HMSI di India mulai musim semi 2011.

Honda CBR150R

Honda CBR150R adalah sebuah sepeda motor sport 4 tak 150cc yang merupakan bagian dari Seri Honda CBR keluaran AP Honda. Motor ini dirancang sebagai pengganti sepeda motor Honda NSR 150 2 tak ditujukan terutama untuk pasar Asia Tenggara. Motor ini sudah dijual di Thailand sejak tahun 2002 dan telah diekspor ke banyak negara Asia Tenggara, India, bahkan juga diekspor ke Afrika Selatan. Sepeda motor ini dimasukkan dalam kategori sepeda motor sport kelas pemula.
Pada 20 Oktober 2010, Honda Thailand merilis versi baru dari CBR150R. Fairingnya gambot dengan tampilan ala CBR250R, plus pengabut BBM PGM-FI (Fuel-injection). CBR150R PGM FI ini juga masuk ke Indonesia secara impor dari Thailand. Pada tahun 2013, di Indonesia AHM menargetkan penjualan Honda CBR150R sebanyak 1.000 unit/bulan. Di pasar sepeda motor sport Indonesia, Honda CBR150R bersaing langsung dengan Yamaha YZF-R15 pada kelas 150cc. Sayangnya, Akibat masuk secara Impor, Harga CBR150R Menjadi lebih mahal ketimbang YZF-R15.
Pada 7 September 2014, Astra Honda Motor Merilis All New CBR150R dengan Tampilan Baru yang mengacu Honda New CBR250R. Sasisnya kini berganti menggunakan Truss Frame dari sebelumnya Twinspar, yang identik dengan Honda CB150R. Powernya juga berkurang menjadi hanya 17.1 PS @ 10.500 RPM, Namun torsinya naik menjadi 13,0 N.m @ 7.500 RPM. Meskipun powernya mengalami penurunan, Tapi All New CBR150R memiliki Power & Handling yang lebih baik dibanding CBR150R PGM-FI Thailand. Motor ini diproduksi di Indonesia dengan target penjualan 5.000 Unit/Bulan.

Ciri-ciri

  • Mesin DOHC empat katup, silinder tunggal 149.4 cc berpendingin air dengan shaft penyeimbang
  • Transmisi manual 6 percepatan.
  • Rem cakram depan dan belakang, Double Cakram (Versi India)
  • Penutup slot kunci untuk perlindungan keamanan (mulai keluaran tahun 2013).
  • Peredam kejut belakang monoshock.
  • Sistem pemasok udara sekunder (SASS) yang memasukkan udara tambahan ke sistem pembuangan asap agar menghasilkan emisi yang lebih bersih.
  • Katalitik konverter
  • PGM-Fi (Fuel-Injection)
Dapur pacu Honda CB150R didukung dengan mesin motor balap 4-tak, 150cc, DOHC, 4-katup, berpendingin cairan (liquid-cooled) dilengkapi dengan kipas otomatis yang akan mampu mempertahankan suhu optimal di seluruh bagian mesin serta daya tahan mesin yang lebih baik. Dengan menggunakan mesin DOHC, 4-katup, sifat sepeda motor balap dihasilkan melalui putaran mesin yang tinggi serta kinerja Chamshaft ganda yang lebih presisi untuk menghasilkan pembakaran, performa, respon tarikan yang lebih optimal.
Dibandingkan sepeda motor dengan kelas yang sama dari pabrikan lain, mesin Honda CBR150R lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan karena telah menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection).
Sepeda motor ini menggunakan panel analog yang terdiri atas indikator bahan bakar, spedometer, takometer, penunjuk suhu pendingin cairan, serta lampu-lampu sein, lampu sorot tinggi, dan penanda kedudukan gigi, serta pengaman kunci bermagnet.
Pada edisi baru CBR150R hingga saat ini, Panel Instrumen berganti menggunakan speedometer digital dan takometer analog, dengan indikator bahan bakar, jam digital, indikator suhu mesin, odometer, indikator gear netral, lampu jauh, sein, fuel-pump, dan kunci berpengaman magnet.
Pada awalnya Honda CB150R diluncurkan dengan beberapa varian warna; yaitu merah, biru, hitam, dan kuning (terbatas); semuanya dengan garis striping hitam bertepi putih-perak. Desain CBR150R versi awal ini lebih ramping jika dibandingkan versi terbaru dengan desain lampu depan dan lampu belakang yang khas.
Sejak 2013, tampilan Honda CB150R diperbaharui dengan desain keseluruhan semakin mirip "abangnya" yaitu Honda CBR250R, baik lampu belakang, lampu depan dengan bentuk "T" yang khas, dan stripe-nya. Fairing pelapisnya pun kian besar dan kokoh. Honda CBR150R saat ini dipasarkan dengan empat pilihan warna, yaitu Honda Merah, Putih, Biru, Millennium Red, Asteroid Black Metallic, dan pilihan warna edisi balap Repsol.
Pada generasi baru All New CBR150R yang dirilis di Indonesia tahun 2014, Honda CBR150R dipasarkan dengan 4 pilihan warna, yaitu Honda Three Colors, Champion Red, Speedy Black & New Repsol Edition .

Honda Beat

Honda Beat adalah skuter otomatis produksi dari Astra Honda Motor di Indonesia. Skuter yang diluncurkan pada tahun 2008 ini dimaksudkan untuk mengantisipasi makin populernya skuter otomatis di pasar sepeda motor Indonesia. Honda Beat akan bersaing langsung dengan Yamaha Mio, Yamaha Nouvo, Honda Vario, Suzuki Spin, dan skuter matik lainnya.
Pada pertengahan 2012, Astra Honda Motor meluncurkan Honda Beat PGM-FI dengan tampilan baru dan dilengkapi dengan sistem injeksi Honda PGM-FI.
Pada akhir tahun 2014 di bulan Desember, Astra Honda Motor meluncurkan Honda Beat PGM-FI dengan tambahan fitur ESP (Enhanced Smart Power) dan ISS (Idling Stop System) serta menambah satu varian yaitu Honda Beat Pop ESP yang dari model bentuk berbeda dengan Honda Beat FI ESP
Honda BeAT skutik dari Honda ini sudah mengalami perubahan desain semenjak pertama kali diluncurkan. Modelnya masih tetap ramping dan perubahan terlihat sekali pada bentuk lampu depannya. Motor skutik berkapasitas mesin 110 cc ini sangat lincah dipakai dijalanan yang ramai terutama perkotaan. Cocok dipakai semua kalangan terutama kaum hawa yang menginginkan motor ramping dan tidak ribet, serta tetap manis dipakai. Bagasinya cukup luas dan untuk tipe FI (Fuel Injection) bagasi yang tersedia lebih luas lagi. Pada BeAT FI aki tidak lagi ditaruh di bagasi tetapi di kap bawah motor. Meskipun ada kap bawah motor, Honda berani mengklaim akinya akan tetap kedap air. Motor ini juga terhitung irit untuk ukuran motor skutik.
Ada 4 tipe yang disediakan oleh Honda yaitu:
  • Honda BeAT SW : Masih menggunakan karburator, velg jari-jari.
  • Honda BeAT CW : Masih menggunakan karburator, velg castwheel (racing).
  • Honda BeAT FI SW : Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg jari-jari
  • Honda BeAT FI CW: Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg cast wheel (racing)
  • Honda Beat FI Combi Brake System : Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg cast wheel (racing), dilengkapi dengan Combi Brake Sistem yang mampu mengkombinasikan rem depan dan belakang saat tuas rem di tekan.
Pilihan Warna Honda BeAT
Masing-masing tipe diberi pilihan warna yang berbeda-beda.
  • Honda BeAT SW : Biru, Hijau, Hitam, Merah, Putih
  • Honda BeAT CW : Biru, Hijau, Hitam, Merah, Putih
  • Honda BeAT FI SW : Electro red (merah), Techno white (putih), Hard Rock black (hitam)
  • Honda BeAT FI CW: Disco green (Hijau), Electro red (merah), Techno white (putih), Hard Rock black (hitam), Samba Orange (orange), Groovy Blue (Biru)
  • Honda BeAT FI Combi Brake System : Electro red (merah), Techno white (putih), Hard Rock black (hitam), Samba Orange (orange), Groovy Blue (Biru)
Honda BeAT eSP Merupakan skutik terbaru Honda yang hadir dengan dibekali teknologi canggih Enhanced Smart Power (eSP) yang diklaim lebih hemat bahan bakar serta ramah lingkungan. Selain itu penampilan Honda BeAT eSP terlihat masih mengusung desain yang ramping dengan konsep sporti yang dengan handle cover berlekuk tajam.
All New Honda BeAT eSP juga dibekali dengan fitur-fitur berteknologi modern seperti comby brake system yang memudahkan pengereman roda depan dan belakang, lebih praktis serta aman di semua kondisi jalan, standar samping otomatis yang membuat mesin tidak akan hidup jika standar masih dalam posisi turun, brake lock untuk mencegah motor loncat saat awal motor dinyalakan dan dalam kondisi diam saat berhenti di jalan menanjak ataupun menurun. Fitur unggulan lainnya All New Honda BeAT eSP adalah pengaman kunci bermagnet.
Selain fitur utama tadi, Motor Skutik Honda Beat eSP memiliki kapasitas u-box yang berukuran besar yaitu 11 liter. Ketinggian antara jok ke tanah adalah 740 mm yang dapat memberikan kenyamanan saat berkendara sendiri maupun berboncengan. Selain itu desain sporty dengan garis bodi berlekuk tajam dan striping baru untuk memperkuat kesan sporty.
Sementara sektor dapur pacunya, Skutik All New Honda BeAT eSP dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 110 cc 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, yang mampu memuntahkan tenaga 6.38 kW (8.68 PS) pada putaran 7.500 rpm dan torsi 9,01 Nm (0,92 kgf.m) pada 6.500 rpm.
Seperti telah kita ketahui bahwa pada tanggal 11 Desember 2014 Honda telah merilis tipe terbaru dari Beat yaitu Honda BeAT eSP. Honda BeAT eSP ini dilengkapi dengan teknologi terbaru yaitu teknologi eSP yang membuat motor ini makin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.
Perbedaan Pada Desain Body
Honda BeAT eSP dirilis dalam 2 varian yakni Honda BeAT eSP dan Honda BeAT Pop eSP.
Honda BeAT eSP nyaris terlihat sama dengan model sebelumnya, hanya ada sedikit sentuhan ubahan pada bagian turup setang dan dek bawah.
Sedangkan Honda BeAT Pop eSP mengalami ubahan total desain bodi. Lampu sein depan bergeser ke kedua sisi bawah lampu utama. Lekukan bodi sampai lampu belakang juga mendapat sentuhan baru.
Kapasitas Mesin & Bahan Bakar
Kedua tipe motor ini mengunakan kapasitas mesin yang sama yaitu 110 C akan tetapi pada tipe BeAT eSP sudah menggunakan teknologi eSP serta terdapat teknologi ISS (Idling Stop System) sehingga pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit.
Untuk tipe BeAT lama pada 1 liter bahan bakar dapat menempuh jarak kurang lebih 58 kilometer. Sedangkan untuk tipe Beat ESP yang menggunakan ISS pada 1 liter bahan bakar dapat menempuh jarak kurang lebih 63 kilometer.
Akselerasi pada tipe BeAT lama adalah 13,10 detik untuk jarak 0-200 m dengan kecepatan maksimal 91 km/jam. Sedangkan pada tipe Honda BeAT eSP memberikan akselerasi lebih baik dengan catatan 12,6 detik untuk jarak 0-200 m dan kecepatan maksimum 94 km/jam.
All New Honda BeAT eSP series yang telah diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu, adalah skutik terbaru Honda yang telah dilengkapi dengan teknologi Enhanced Smart Power (eSP). Teknologi canggih yang telah dibuktikan pada Honda PCX dan Honda Vario sehingga semakin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Pada Honda Vario Techno 125 terbaru, terdapat teknologi yang disebut ACG (Alternating Current Generator) oleh Honda. ACG adalah teknologi starter yang menggunakan starter elektrik. Teknologi tersebut bukan hal baru bagi Honda karena sebelumnya teknologi serupa telah hadir pada skutik premium mereka yaitu Honda PCX.
Salah satu inovasi yang dilakukan Honda pada BeAT anyar ini adalah mengganti dinamo starter konvensional dengan Alternating Current Generator (ACG) starter. Jadi, All New Honda BeAT eSP series tidak lagi ditemukan dinamo starter. Sebagai gantinya, kumparan ACG starter dipasang menyatu dengan jeroan mesin.
Dengan inovasi ini, Honda berhasil membuat mesin All New Honda BeAT eSP series jadi halus tanpa suara saat mesin dihidupkan. ACG starter ini juga menjadi dasar pengaplikasian fitur Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya kembali.
Melalui teknologi eSP ini, Honda berhasil mengurangi gesekan dengan aplikasi offset cylinder, roller rocker arm dan dinding silinder bertekstur untuk menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.
Melalui rangkaian teknologi eSP ini, yaitu ACG starter yang membuat suara mesin lebih halus, pembakaran sempurna serta teknologi minim gesekan menghasilkan mesin generasi baru 110cc eSP menjadi lebih irit, bertenaga dan ramah lingkungan.
Honda Beat FI merupakan salah satu motor keluaran honda yang cukup digemari masyrakat indonesia. motor ini memiliki desain yang terlihat simpel namun tetap memiliki kesan modis dan futuristik. Dibandingkan dengan pendahulunya yaitu honda vario, motor honda beat fi ini memiliki ukuran body yang lebih ramping. Tapi justru karena kerampingannya itulah motor honda beat ini mampu melaju dengan sangat gesit, lincah dan tetap irit tentunya. Bagian depan motor dihiasi dengan satu lampu utama dengan lampu sein yang modern. Menariknya, letak lampu utama tidak berada di bagian kepala motor namun terletak dibagian bawah menyatu bersama dengan kedua lampu seinnya. Hebatnya lagi, bagian kepala tidak dibiarkan polos begitu saja, tapi di beri sebuah Visor berbahan acrylic yang tahan panas sehinggamotor ini terkesan semakin keren dan mewah.
Honda membekali matic besutannya ini dengan mesin canggih berkapasitas 110 cc, teknologi OHC / SOHC ( single overhead camshaft ), 4 langkah dengan sistem pendinginan berupa udara yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga mencapai 6,27 kW (8,52PS) / 8000 rpm dan torsi maksimum sebesar 8,68 Nm (0,89kgfm) / 6000 rpm.
Yang tak boleh ketinggalan, skuter matic ini telah menggunakan teknologi injeksi canggih dari honda yakni PGM-FI sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan juga emisi yang dihasilkan ramah terhadap lingkungan. Konsumsi bahan bahan honda beat sendiri adalah mencapai 47,5 km/liternya, sedangkan top speed alias kecepatan maksimalnya mencapai 122 km/jam.
Selain performa yang tinggi, honda beat fi ini juga menawarkan kenyamanan bagi pengendaranya terbukti dengan digunakannya tempat duduk alias jok yang empuk dengan posisi yang agak rendah sehingga pengendara maupun pembonceng bisa tetap nyaman ketika berkendara dengan motor ini. Selain itu terdapat juga pijakan kaki yang luas dan nyaman sehingga kaki pengendara tidak cepat pegal saat berkendara.
Untuk mendukung aktivitas pengendara sehari-hari, skuter ini dilengkapi dengan tempat penampungan ( rak ) dibagian depan yang berfungsi untuk meletakkan berbagai barang pribadi seperti botol minuman, handphone, maupun peralatan lainnya. Selain dibagian depan, motor ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan di bagian belakang ( bagasi ). Hebatnya, bagasi ini memiliki daya tampung sebesar 11,2 liter yang bisa digunakan untuk menyimpan jaket maupun sarung tangan. Untuk menghentikan laju motor, beat fi ini dibekali dengan rem jenis cakram hidrolik dibagian depan dan rem tromol di bagian belakang.
Honda juga menyertakan berbagai fitur unggulan untuk skuter maticnya ini seperti, Panel indikator yang modern dan juga canggih guna memberikan informasi lengkap yang dibutuhkan pengendara saat berkendara. indikator tersebut meliputi indikator kecepatan, lampu sein, indikator bensin, lampu jauh, lampu indikator sistem injeksi dan jarak yang ditempuh.
Selain itu ada juga kunci kontak bermagnet ( Secure Key Shutter ) merupakan teknologi kunci dengan menggunakan sistem magnet kuat yang berfungsi agar motor tetap aman dari tindakan pencurian. Ada juga fitur canggih Brake Lock System ( sistem pengunci rem ) yang berfungsi untuk menjaga motor tidak meloncat kedepan saat mesin motor akan dihidupkan, selain itu juga berfungsi untuk membuat motor bisa berhenti di daerah yang menanjak atau curam.
Yang tak boleh ketinggalan ada juga fitur terkni yang telah banyak digunakan oleh motor-motor matic di indonesia yakni Side Stand Switch ( standar samping otomatis ) yang berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis saat standar samping diturunkan, begitu sebaliknya mesin tidak akan bisa dan hanya bisa menyala jika standar samping dinaikkan. Fitur ini tak lain dan tak bukan untuk mengingatkan sekaligus mencegah pengendara yang sering lupa menaikkan standar samping ketika berkendara.
Honda beat menjadi matic yang populer di kalangan muda saat ini, tampilannya yang mungil dan sederhana bisa banyak orang modif sesuka hati dengan berbagai macam konsep yang menarik. Motor irit dengan teknologi injeksi yaitu All New Honda BeAt-Fi yang di beri penghargaan juga sebagai sepeda motor matic paling anti polusi karena memang ramah lingkuangan. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup serta menjaga penghargaan yang sebelumnya didapatkan yaitu Emisi Gas Buang Paling baik kelompok sepeda motor.
Berdasar pada Hasil pengamatan Penyusunan Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Jenis Baru 2013, All New Honda BeAT- FI ada di tingkat kesatu untuk sepeda motor dengan emisi gas buang paling rendah dibanding dengan 10 unit sepeda motor baru lain dari lima pabrikan, menurut siaran pers yang di terima ANTARA News beberapa waktu terakhir. Lewat penghargaan ini, AHM sukses menjaga gelar product paling ramah lingkungan lantaran pada th. lantas Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI juga diputuskan juga sebagai pemenang pada acara penghargaan ini.
Untuk mengambil keputusan peringkat kendaraan dengan tingkat emisipaling baik, KLH memakai perhitungan kandungan polusi yang dianalisia memakai standard uji emisi R40 dengan memerhatikan parameter karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NOx), serta mengkonsumsi bahan bakar.
Berdasar pada hasil perhitungan KLH, All New Honda BeAT- FI memperoleh nilai dengan parameter CO sebesar 0, 143 gr/km, HC sebesar 0. 042 gr/km, serta NOx 0. 031 gr/km. Pengujiannya sendiri dikerjakan di Balai Pengujian Laik Jalan serta Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), Kementerian Perhubungan.

Spesifikasi

  • Mesin 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan udara
  • Diameter dan langkah: 50 × 55 mm, kapasitas 108 cc
  • Rasio kompresi 9,2 : 1
  • Daya maksimum 8,22 PS @ 8.000 rpm (karburator) / 8,52 PS @ 8.000 rpm (injeksi)
  • Torsi maksikum 0,85 kgf.m @ 5.500 rpm (karburator) / 0,89 kgf.m @ 6.500 rpm (injeksi)
  • Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
  • Jarak sumbu roda: 1.240 mm (karburator) / 1.255 mm (injeksi)
  • Dimensi 1,859 x 676 x 1,053 mm (karburator) / 1.863 x 675 x 1.072 mm (injeksi)
  • Kapasitas tangki bensin 3,5 liter (karburator) / 3,7 liter (injeksi)
  • Berat kosong 89,3 kg (karburator) / 93 kg (injeksi)
  • Suspensi depan teleskopik dan suspensi tunggal dengan lengan ayun
  • Rem depan 190 mm cakram hidrolik piston tunggal, belakang tromol
  • Tipe busi NGK CPR8EA-9 atau Denso U24EPR9 / NGK CPR9EA-9 atau Denso U27EPR9 (injeksi)
  • Karburator Keihin AVK22 / throttle body 22 mm
  • Sistem pengapian DC-CDI atau Injeksi PGM-FI
  • Transmisi otomatis Honda V-Matic

Honda CBR 1100xx Blackbird

Honda CBR1100XX Super Blackbird adalah sepeda motor Honda dibuat 1996-2007. Sepeda motor ini memiliki kecepatan tertinggi 178,5 mph (287,3 km / jam). kecepatan ini mengungguli setelah Kawasaki Ninja ZX-11.

Honda Motocompo

Honda Motocompo adalah skuter mungil yang dijual Honda 1981-1983.
Motocompo merupakan paket yang dibuat Honda untuk mendampingi Honda City. Skuter incaran kolektor motor klasik itu bahkan tersaji dalam video iklan Honda City yang tayang di era 80-an. Honda menjual skuter yang disapa Trunk Bike ini sejak November 1981 hingga 1983. Honda mengklaim telah menjual Motocompo sebanyak 53.369 unit sepanjang kiprahnya.
Motocompo dibuat agar bisa diangkut di bagasi City. Karena Motocompo hanya berdimensi tinggi 910 mm, lebar 535 mm dan panjang 1.185 mm. Motocompo hanya berbobot 42 kg. Mesin AB12E 2-tak berkapasitas 49 cc menghasilkan tenaga 2,5 hp pada putaran 5.000 rpm dan torsi 0,38 kg-m pada 4.500 rpm. Dengan transmisi otomatis 1-speed, Motocompo membutuhkan konsumsi bensin 70 km/liter pada kecepatan rata-rata 30 km/jam. Motocompo sendiri berdesain unik. Bentuknya secara keseluruhan seperti sebuah bok perkakas perbengkelan. Dengan setang dan jok yang dapat dilipat, aksi Motocompo menciptakan impresi baru sebuah skuter di masanya.
Para pemilik Motocompo di Jepang memberi julukan-julukan unik berkait dengan skuter itu , seperti ’Motocompo in car’, ‘My other car is…’, hingga ‘Baby on board’.

Honda Vario

Honda Vario (juga dikenal sebagai Honda Click) adalah skuter bertransmisi otomatis produksi dari Astra Honda Motor di Indonesia. Skuter yang diluncurkan pada tahun 2006 ini dimaksudkan untuk mengantisipasi makin populernya skuter otomatis di pasar sepeda motor Indonesia. Honda Vario hadir dalam beberapa varian, diantaranya: Vario, Vario Techno (CBS dan non-CBS), Vario Techno 125 PGM-FI (ISS dan non-ISS), dan Vario FI.

Vario 110 (2006-2013)

Honda Vario merupakan bentuk antisipasi dari Astra Honda Motor atas semakin populernya skuter otomatis di Indonesia, dan merupakan skuter otomatis berpendingin cair pertama yang beredar dalam pasar skuter matik Indonesia.

Spesifikasi

  • Mesin 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
  • Diameter dan langkah: 50 × 55 mm, kapasitas 108 cc
  • Rasio kompresi 10,7 : 1
  • Bensin: Pertamax
  • Daya maksimum 9 PS @ 8.000 rpm
  • Torsi maksimum 0,86 kgf.m @ 6.500 rpm
  • Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
  • Jarak sumbu roda: 1.273 mm
  • Dimensi 1.897 x 680 x 1.083 mm
  • Kapasitas tangki bensin 3,6 liter
  • Berat kosong 99,3 kg
  • Suspensi depan teleskopik dan suspensi tunggal dengan lengan ayun
  • Rem depan 190 mm cakram hidrolik piston tunggal, belakang tromol
  • Tipe busi NGK CR7EH-9 atau Denso U22FER9
  • Karburator Keihin AVK22
  • Sistem pengapian DC-CDI
  • Transmisi otomatis Honda V-Matic

Vario Techno 110 (2009-2013)

Honda Vario Techno 110 (juga dikenal sebagai Click-i di Thailand, mengaplikasikan pengabutan PGM-FI), dengan tampilan baru dan memperkenalkan sistem Combination Brake System disingkat Combi-Brake System atau CBS. CBS adalah sistem pengereman bersamaan dengan otomatis saat rem belakang diaktifkan, CBS tidak aktif saat mengerem hanya dengan rem depan.

Spesifikasi

  • Mesin 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
  • Diameter dan langkah: 50 × 55 mm, kapasitas 108 cc
  • Rasio kompresi 10,7 : 1
  • Jenis BBM: Minimum RON 92 (Pertamax atau sejenisnya)
  • Daya maksimum 9.0 PS @ 8.000 rpm
  • Torsi maksimum 0,86 kgf.m @ 6.500 rpm
  • Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
  • Suspensi depan teleskopik dan suspensi tunggal dengan lengan ayun
  • Rem depan 190 mm cakram hidrolik piston tunggal, belakang tromol. Dengan CBS
  • Tipe busi NGK CR7EH-9 atau Denso U22FER9
  • Karburator Keihin AVK22
  • Sistem pengapian DC-CDI
  • Transmisi otomatis Honda V-Matic

Vario Techno 125 FI (2012-sekarang)

Honda Vario Techno 125 menghadirkan mesin dan tampilan yang berbeda dengan Honda Vario generasi sebelumnya. Dilengkapi dengan mesin 125 cc berpendingin cair, sistem pengabutan Programmable Fuel Injection (PGM-FI) dan fitur-fitur lainnya. Honda Vario Techno 125 menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Honda Vario Techno 125 hadir dalam varian non-CBS
Tidak lama setelah diluncurkan, Astra Honda Motor meluncurkan Honda Vario Techno 125 dengan Idling Stop System (ISS), sistem yang diperuntukan untuk menghemat bahan bakar, mesin mati secara otomatis setelah 3 detik berhenti. Honda Vario Techno 125 ISS hanya tersedia dengan varian CBS.
Pada akhir 2014, Astra Honda Motor menjadikan CBS sebagai fitur standar. Sehingga, Honda Vario Techno 125 tersedia dalam varian Non-ISS dan ISS, keduanya dilengkapi dengan sistem pengereman CBS.

Spesifikasi

  • Mesin: PGM-FI, 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
  • Diameter dan langkah: 52,4 × 57,9 mm
  • Kapasitas: 124,8 cc
  • Rasio kompresi: 11 : 1
  • Bensin: Pertamax
  • Daya maksimum: 11,3 PS @ 8.500 rpm
  • Torsi maksimum: 1,1 kgf.m @ 5.000 rpm
  • Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
  • Jarak sumbu roda: 1.281 mm
  • Dimensi (p x l x t): 1.918 x 689 x 1.103 mm
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 5,5 liter
  • Berat kosong: 112 kg
  • Suspensi depan: teleskopik
  • Suspensi belakang: tunggal dengan lengan ayun
  • Rem depan: 190 mm cakram hidrolik piston tunggal
  • Rem belakang: tromol
  • Tipe busi: NGK CPR9EA-9 atau Denso U27EPR-9
  • Throttle Body: Keihin 24 mm dengan Idle Air Control Valve.
  • Transmisi: otomatis Honda V-Matic

Vario 125 eSP

Honda Vario Techno 125 eSP dilengkapi starter elektrik dengan menggunakan alternator sebagai pemutar poros mesin. Teknologi ini memungkinkan mesin untuk menyala tanpa suara khas starter elektrik dan sebagai jantung teknologi Idling Stop System (ISS) yang juga diaplikasikan pada Honda Vario Techno 125 ISS. Alternator pembangkit arus listrik untuk pengisian baterai digunakan sebagai motor starter, sehingga tidak diperlukan lagi motor starter tambahan seperti yang ditemukan di motor lain pada umumnya. Teknologi ini juga digunakan oleh Honda PCX, dan diaplikasikan pada Honda Beat FI eSP.

Vario 150 & New Vario Techno 125(2015-sekarang)

Pada bulan Januari 2015, Astra Honda Motor memperkenalkan Honda Vario generasi keempat yang memiliki dua pilihan mesin, yaitu All New Honda Vario 150 eSP yg menggunakan mesin 150cc dan All New Honda Vario 125 eSP yg menggunakan mesin 125cc.

Spesifikasi All New Vario 150 eSP

  • Mesin: PGM-FI, eSP, 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
  • Diameter dan langkah: 57,3 x 57,9 mm
  • Kapasitas: 150 cc
  • Rasio kompresi: 10.6 : 1
  • Bensin: Pertamax
  • Daya maksimum: 9,3 kW (12,6 PS) @ 8.500 rpm
  • Torsi maksimum: 12,8 N.m @ 5.000 rpm
  • Ukuran ban: 80/90-14 Tubeless (depan), 90/90-14 Tubeless (belakang)
  • Jarak sumbu roda: 1.280 mm
  • Dimensi (p x l x t): 1.921 x 683 x 1.096 mm
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 5,5 liter
  • Berat kosong: 109 kg
  • Suspensi depan: teleskopik
  • Suspensi belakang: tunggal dengan lengan ayun
  • Rem depan: cakram hidrolik piston tunggal
  • Rem belakang: tromol dengan sistem pengereman CBS
  • Tipe busi: NGK CPR9EA-9 atau ND U22EPR-9
  • Transmisi: otomatis Honda V-Matic

Spesifikasi All New Vario 125 eSP

  • Mesin: PGM-FI, eSP, 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan cair
  • Diameter dan langkah: 52,4 x 57,9 mm
  • Kapasitas: 124,8 cc
  • Rasio kompresi: 11 : 1
  • Bensin: Pertamax Plus
  • Daya maksimum: 8,3 kW (11,8 PS) @ 8.500 rpm
  • Torsi maksimum: 10,8 N.m @ 5.500 rpm
  • Ukuran ban: 80/90-14 Tubeless (depan), 90/90-14 Tubeless (belakang)
  • Jarak sumbu roda: 1.280 mm
  • Dimensi (p x l x t): 1.921 x 683 x 1.096 mm
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 5,5 liter
  • Berat kosong: 109 kg
  • Suspensi depan: teleskopik
  • Suspensi belakang: tunggal dengan lengan ayun
  • Rem depan: cakram hidrolik piston tunggal
  • Rem belakang: tromol dengan sistem pengereman CBS
  • Tipe busi: NGK CPR9EA-9 atau ND U22EPR-9
  • Transmisi: otomatis Honda V-Matic

New Vario 110 FI (2014-2015)

New Honda Vario 110 FI yang diluncurkan Astra Honda Motor pada April 2014 memiliki basis mesin yang berbeda dari Vario Techno 125. Menggunakan mesin 110 cc berpendingin udara yang diambil dari Honda Beat dan menggunakan sistem pengabutan PGM-FI. Vario 110 FI dilengkapi dengan sistem pengereman CBS, Remote Answer Back System, lampu penerangan utama LED sebagai fitur standar.

Spesifikasi

  • Mesin: PGM-FI, 4-langkah SOHC dengan 2-katup, berpendingin udara.
  • Diameter dan langkah: 50 x 55 mm
  • Kapasitas : 108 cc
  • Rasio kompresi: 9,2 : 1
  • Bensin: Pertalite (hanya tersedia di beberapa SPBU) atau Pertamax
  • Daya maksimum: 8,52 PS / 8.000 rpm
  • Torsi maksimum: 0.89 kgf.m / 6.500 rpm
  • Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
  • Jarak sumbu roda: 1.256 mm
  • Dimensi (p x l x t): 1.888 x 679 x 1.091 mm
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 3,7 liter
  • Berat kosong: 95 kg
  • Suspensi depan: teleskopik
  • Suspensi belakang: tunggal dengan lengan ayun
  • Rem depan: cakram hidrolik dengan piston tunggal
  • Rem belakang: tromol
  • Tipe busi: NGK CPR9EA-9 atau Denso U27EPR-9
  • Throttle body: Keihin 22 mm dengan Idle Air Control Valve
  • Transimisi: otomatis Honda V-Matic
Mesin Honda Vario FI memiliki basis mesin yang sama dengan Honda Beat FI. Dengan beberapa penyesuaian, karakter mesin yang dimiliki Honda Vario FI berbeda dengan Honda Beat FI

New Vario 110 eSP (2015-sekarang)

Pada tanggal 4 September 2015, Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New Honda Vario eSP yang telah mengaplikasikan teknologi eSP untuk menggantikan Honda Vario 110 FI. Kehadiran model terbaru New Honda Vario eSP menjadi puncak pengaplikasian teknologi eSP pada seluruh varian Honda Vario series di semua kapasitas mesin dari 110cc hingga 150cc. New Vario 110 eSP ini dilengkapi dengan sistem pengereman CBS, ACG Starter, Remote Answer Back System, dan lampu penerangan utama LED 2,2W sebagai fitur standar.

Spesifikasi

  • Mesin: PGM-FI, 4-langkah SOHC dengan 2-katup, berpendingin udara.
  • Diameter dan langkah: 50 x 55.1 mm
  • Kapasitas : 108,2 cc
  • Rasio kompresi: 9,5 : 1
  • Bensin: Pertalite atau Pertamax
  • Daya maksimum: 8,7 PS / 7.500 rpm
  • Torsi maksimum: 0.93 kgf.m / 6.000 rpm
  • Ukuran ban: 80/90-14 Tubeless (depan), 90/90-14 Tubeless (belakang)
  • Jarak sumbu roda: 1.256 mm
  • Dimensi (p x l x t): 1.888 x 679 x 1.091 mm
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 3,7 liter
  • Berat kosong: 96 kg
  • Suspensi depan: Teleskopik
  • Suspensi belakang: Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
  • Rem depan: cakram hidrolik dengan piston tunggal
  • Rem belakang: tromol
  • Sistem Pengereman: Combi Brake System
  • Tipe busi: NGK MR9C-9N atau Denso U27EPR-N9
  • Transimisi: otomatis Honda V-Matic

Honda New Vario FI

Untuk melengkapi varian matic yang menggendong teknologi fuel injection, Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis New Honda Vario FI 110 dengan teknologi PGM-FI.   Selain mengimplementasikan teknologi PGM-FI, model ini tampil dengan desain baru dan mempelopori pengaplikasian fitur-fitur canggih, yaitu Answer Back System dan Dual keen eyes LED Headlight. Fitur Answer Back System yang baru pertama kali diaplikasikan pada sepeda motor yang diproduksi di Indonesia ini memberi kemudahan bagi pengendara untuk mencari motor di lokasi parkir. Dengan menekan tombol pada remote, motor akan memberi respon suara sekaligus semua lampu sein akan menyala.   Lampu Dual Keen Eyes yang kini dilengkapi LED mampu memberikan keunggulan yang lebih baik bagi pengendara melalui intensitas cahaya yang lebih terang 80 persen dibanding lampu biasa. Pemakaian daya listrik yang lebih hemat lebih dari 80 persen dibanding pemakaian lampu biasa, dan memilliki masa pakai lebih lama, yang akan bertahan terus sepanjang sepeda motor digunakan dalam penggunaan normal.   Combi Brake System juga diaplikasikan sebagai fitur canggih pada Honda Vario FI untuk mengoptimalkan pengereman yang maksimal pada kedua roda, sehingga aman di berbagai kondisi.   New Honda Vario FI hadir dengan tampilan terbaru dengan memperkuat karakter modern pada garis-garis bodi yang elegan, diperkaya desain lampu yang tajam dan modern. Perubahan ini membawa tren baru pada desain motor skutik yang elegan, trendi, dan fashionable.   Model ini dibekali mesin baru berteknologi PGM-FI berpendingin udara dengan kapasitas 110 cc yang menghasilkan performa optimal, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan.   New Honda Vario FI ini dibanderol dengan harga Rp15,2 juta on the road Jakarta, dan ditawarkan dengan lima pilihan warna yaitu Posh White, Glam Red, Estilo Black, Grande White, dan Shimmer Blue.

Spesifikasi Teknik

  • Tipe: Vario FI
  • Harga: Rp15.200.000,- (15 April 2014)
DIMENSI
·          
    • Panjang X Lebar X Tinggi: 1.888 x 679 x 1.091 mm
    • Jarak Sumbu Roda: 1.256 mm
    • Jarak terendah ke tanah: 140 mm
    • Berat kosong: 95 Kg
    • Kapasitas tangki bahan bakar: 3,7 liter
RANGKA
·          
    • Rangka: Tulang punggung
    • Tipe suspensi depan: Teleskopik
    • Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan suspensi tunggal
    • Ukuran Ban Depan: 80/90 - 14 M/C 40P
    • Ukuran Ban Belakang: 90/90 - 14 M/C 46P
    • Rem Depan: Cakram hidrolik dengan piston tunggal
    • Rem Belakang: Tromol
MESIN
·          
    • Mesin: 4 Langkah SOHC, pendinginan udara
    • Kelas: 110
    • Volume Langkah: 108 cc
    • Diameter X Langkah: 50 x 55 mm
    • Perbandingan Kompresi: 9,2 : 1
    • Daya Maksimum: 8,52 PS / 8.000 rpm
    • Torsi Maksimum: 0.89 kgf.m / 6.500 rpm
    • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin: 0,7 liter pada penggantian periodik
    • Tipe Kopling: Otomatis, sentrifugal, tipe kering
    • Tipe Transmsi: Otomatis, V-Matic
    • Pola Pengoperan Gigi: -
    • Tipe Starter: Pedal dan elektrik
KELISTRIKAN
·          
    • Tipe Battery: 12 V - 3 Ah (Tipe MF)
    • Busi: ND U27EPR-9, NGK CPR9EA-9
    • Pengapian: Full Transisterized, Baterai

Honda Revo

Honda Revo adalah salah satu merk dagang sepeda motor bebek yang di produksi oleh Astra Honda Motor. Sepeda motor ini diluncurkan pada tahun 2007. Motor yang diluncurkan pada tahun 2007 ini dimaksudkan untuk mengantisipasi makin populernya motor bebek otomatis di pasar sepeda motor Indonesia. Honda Revo akan bersaing langsung dengan Yamaha Vega R, Suzuki Shogun, Suzuki Smash, dan Honda Supra X 125.

Perkembangan Honda Revo

  • Generasi pertama (2007-2009) dikenal sebagai Honda Revo.
  • Generasi kedua (2009-2014) dikenal sebagai Honda Absolute Revo 110 atau Honda Revo 110 atau Honda Revo saja.
    • Selain itu Honda Revo Techno AT versi matik dari Honda Absolute Revo diluncurkan pada tahun 2010 sebagai motor bebek matik pertama di Indonesia.
    • Selain itu Honda Revo Fit diluncurkan sebagai versi murah dari Honda Absolute Revo 110 pada tahun 2011.
  • Generasi ketiga (2014-sekarang) dikenal sebagai Honda Revo FI dengan versi murahnya Honda Revo Fit FI yang keduanya sudah menggunakan mesin injeksi PGM-FI.

Honda Scoopy

Honda Scoopy adalah salah satu merk dagang sepeda motor skuter yang di produksi oleh Astra Honda Motor. Sepeda motor ini diluncurkan pada tahun 2010. Motor yang diluncurkan pada tahun 2010 ini dimaksudkan untuk mengantisipasi makin populernya motor skuter otomatis di pasar sepeda motor Indonesia. Honda Scoopy akan bersaing langsung dengan Yamaha Xeon, Suzuki Spin, Honda Beat, dan Honda Vario.
Pada 20 Mei 2010 PT Astra Honda Motor meluncurkan skutik berlabel Honda Scoopy. Scoopy lebih dulu dikenal di Thailand memiliki tampilan unik tidak seperti skutik-skutik yang pernah ada.

Honda Sonic 150R

Honda Sonic 150R adalah merk sepeda motor bertipe moped atau bebek yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor. Diluncurkan pada September 2015 bersamaan dengan motor sport All New Honda CB150R StreetFire. Honda Sonic ditujukan untuk anak-anak muda yang menyukai motor sporty.
Honda Sonic150R memiliki karakter yang kuat dan tajam, serta komponen-komponen yang ramah lingkungan dan terkini, seperti halnya Lampu, Sistem Pembakaran dan Speedometer. Lampu telah menggunakan jenis LED dan Speedomer tidak lagi menggunakan Analog, tidak seperti versi sebelumnya, melainkan Sonic 150R sudah dilengkapi Spedometer Full Digital.
Honda Sonic 150R sebenarnya adalah generasi penerus dari Honda Sonic 125 asal Honda Thailand, namun motor memiliki pengembangan yang sama dengan All New Honda CB150R StreetFire, dengan volume silinder 149,16 cc, konfigurasi 4 klep dengan camshalft/noken ganda dan bersistem bahan bakar Fuel Injection tehnologi PGM-FI Honda. Honda Sonic 150R menggunakan pendingin mesin jenis Cairan/Liquid Cooled.
Motor ini Transmisi Manual dengan 6 Percepatan. Daya maksimum yang mampu dihasilkan adalah 11,8 kW (11,8 kW (16 PS) dalam putaran 9.000rpm sementara Torsi Maksimum yang bisa dihasilkan adalah sebesar 13,5 Nm (1,38 kgf.m) dalam 6.500 rpm.

Honda Spacy

Honda Spacy adalah salah satu merk dagang sepeda motor skuter yang di produksi oleh Astra Honda Motor. Sepeda motor ini diluncurkan pada tahun 2011. Motor yang diluncurkan pada tahun 2011 ini dimaksudkan untuk mengantisipasi makin populernya motor skuter otomatis di pasar sepeda motor Indonesia. Honda Scoopy akan bersaing langsung dengan Yamaha Xeon, Honda Scoopy, Suzuki Spin, Honda Beat, dan Honda Vario.
Spacy menyediakan bagasi sampai 18 liter, yang bisa memuat helm full face. Fitur lain yang ditawarkan masih serupa dengan model-model sebelumnya, seperti tuas pengunci rem, standar samping otomatis, dan pengaman kunci otomatis bermagnet.

Honda Supra Series

Honda Supra (kode seri NF) adalah seri sepeda motor yang diproduksi oleh Honda sejak tahun 1997 untuk pasar Asia. Nama Supra hanya digunakan untuk Indonesia, sedangkan di negara Asia lain motor ini dikenal sebagai Honda Wave (wilayah ASEAN), Honda Dream (Jepang, China dan Korea), atau Honda Future (India dan Asia Selatan).
Sepeda motor bertipe bebek ini memiliki sejarah cukup panjang, motor rakitan PT Astra Honda Motor (AHM) ini melegenda menjadi salah satu motor yang paling laris di Indonesia dari tahun ke tahun. Sejak awal kemunculannya pada tahun 1997 dengan mengusung nama Supra, motor ini adalah untuk menggantikan model sebelumnya, Astrea Grand dan Legenda, meskipun keduanya tetap diproduksi sebagai produk entry level hingga tahun 2002, dibawah kelas Supra.

Generasi pertama (1997-2001)

Honda Supra generasi pertama berkapasitas mesin 97,1 cc (100) berkode C100 yang berjenis sama dengan keluarga Astrea, serta menggunakan rem tromol di depan dan belakang. Supra merupakan motor bebek dengan kapasitas mesin terkecil jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya yang sudah mengusung mesin 110 cc (2 tak atau 4 tak) dan 125 cc (4 tak), pada generasi yang sama, namun mesin 100 cc ini memiliki tenaga dan kompresi yang lebih tinggi jika dibandingkan mesin skuter dengan kapasitas yang sama.
Generasi pertama ini masih mengusung nama "Astrea", sehingga secara resmi disebut sebagai Astrea Supra, atau secara colloquial, "Suprea".

Generasi kedua (2001-2005)

Masih mengusung jenis mesin yang sama, pada sekitar tahun 2000 Honda mulai merubah sistem pengereman di roda depan yang semula tromol menjadi cakram dan menambahkan embel-embel huruf "X" menjadi Supra X. Generasi kedua ini sudah tidak lagi menggunakan nameplate Astrea, meskipun emblem Astrea Supra di bawah lampu depan tetap dipertahankan dari pendahulunya.

Tahun 2002 PT. AHM meluncurkan dua varian baru Honda Supra, yakni Honda Supra XX (kopling manual dan rem cakram depan) dan Supra V (kopling manual dan rem tromol depan), tetapi kedua model ini tidak sukses di pasaran dan diskontinu pada tahun 2004. Tahun 2003 untuk memantapkan dominasi Honda Supra AHM kembali meluncurkan varian Supra edisi ekonomis berlabel Supra Fit yang menemani Honda Supra hingga 2009-2010 (pada 2007 namanya berganti menjadi Fit X, bersamaan dengan hadirnya generasi ketiga).

Generasi ketiga (2005-saat ini)

Selanjutnya, pada tahun 2005, AHM memperkenalkan Honda Supra X 125 dengan desain dan mesin baru, termasuk varian PGM-FI (Programmed Fuel Injection) yang tercatat sebagai motor bebek berteknologi injeksi pertama di Indonesia. Pada 2007, AHM merilis Honda New Supra X 125 dengan perubahan desain bodi baru yang lebih sporty.
Supra X 125 terbagi menjadi dua varian, 125 R dan 125 D. Perbedaannya ialah 125 R menggunakan rem cakram belakang, velg racing, indikator bensin digital, serta pedal tuas gigi yang dapat diungkit seperti pada motor sport. Sedangkan 125 D adalah varian standar yang tetap menggunakan velg jeruji dan rem belakang tromol, serta tuas gigi konvensional. Varian 125 D dan 125 R, masing masing berganti nama menjadi SW dan CW pada tahin 2010
Di tahun yang sama, AHM juga meluncurkan varian tambahan untuk Supra Fit dengan nama Supra Fit R, yang dilengkapi dengan velg racing persis seperti Supra X 125 R.
Di penghujung tahun 2011, AHM meluncurkan Honda Supra X 125 Helm in yang menawarkan nilai fungsional baru melalui kelapangan bagasi dengan kapasitas total 19,5 liter dan tangki BBM dengan kapasitas terbesar di segmen bebek yaitu 5,6 liter, serta memiliki desain yang modern-elegant dilengkapi dengan mesin yang bertenaga dan efisien.
Honda Supra telah mendominasi pasar motor bebek nasional dengan mencatatkan rekor penjualan yang luar biasa. Hal ini semakin mengukuhkan Honda sebagai Rajanya Motor Bebek.
Setelah munculnya Supra generasi pertama pada tahun 1997, beberapa pengembangan telah dilakukan di setiap generasi selanjutnya
Pada tahun 2001, Astra Honda Motor melakukan perubahan pada nama Honda Supra. Yaitu Honda Supra X 100 dengan 100cc, dan Supra Fit dengan 100cc pula, bedanya Supra Fit tidak menggunakan rem cakram dan merupakan versi murah dalam jajaran Supra Series. Kelemahan yang begitu mencolok dari motor ini adalah tenaganya yang kalah kuat dan kalah cepat dari kompetitornya, karena saat itu kompetitor sudah menggunakan mesin 110 cc sementara Supra masih 100cc. Mesin 100cc ini tetap bertahan hingga tahun 2010 melalui Honda Fit X dan Honda Revo 100, yang merupakan generasi penerus dari Supra Fit.
Revo 100, Supra Fit dan Fit X diskontinu pada 2011 dan digantikan oleh Revo 110, sebagai motor bebek pertama Honda bermesin 110cc.
Pada tahun 2005, tepat dengan generasi ketiga, Honda memperkenalkan mesin 125 cc untuk pertama kalinya di tipe Supra X 125. Mesin 125 cc ini pada awalnya diambil dari dua model terdahulu, Karisma dan Kirana, yang merupakan motor bebek pertama Honda dengan mesin 125cc. Hanya saja di Supra X mengalami sedikit peningkatan pada tenaga dan torsi.
Pada tahun 2008-2009, Honda memperkenalkan varian injeksi PGM-FI pada jajaran Supra X 125, yang masih diproduksi hingga saat ini.

Honda Revo

Honda Revo merupakan varian ekonomis dari Honda Supra X 125 untuk menggantikan model Supra X dan Supra Fit (atau Fit X) sebelumnya yang bermesin 100 cc.
Revo versi awal pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, 2 tahun setelah Supra X 125 dan masih menggunakan mesin 100 cc milik Supra Fit. Versi facelift diperkenalkan tahun 2009 dan menggunakan mesin baru berkapasitas 110 cc, dan merupakan kali pertama Honda menggunakan mesin 110 cc untuk kelas motor bebek.
Generasi kedua diperkenalkan tahun 2011 bersamaan dengan Honda Vario Techno 125, yang memiliki desain headlight dan bodi yang berbeda, serta mengaplikasikan injeksi PGM-FI untuk seluruh variannya mulai tahun 2013. Generasi kedua ini juga memiliki varian bertransmisi otomatis dengan nama Revo Techno AT, tetapi model ini tidak sukses di pasaran dan diskontinu pada tahun 2015.

Honda Supra X 125

Honda Supra X adalah salah satu merk dagang sepeda motor bebek yang di produksi oleh Astra Honda Motor. Sepeda motor ini diluncurkan dengan nama Supra X 100 pada tahun 2001 dan diredesign menjadi Supra X 125 pada tahun 2005 untuk menggantikan Honda Karisma. Honda Supra X diluncurkan juga dengan menggunakan sistem injeksi pada sistem bahan bakarnya walau kurang sukses, namun dilanjutkan lagi oleh Supra X 125 Helm In PGM-FI. Jargon Supra X adalah "Rajanya Motor Bebek". Supra X merupakan kasta tertinggi dari motor bebek Honda.

Generasi

Generasi Pertama (2001-2005)

Pada tahun 2001, Astra Honda Motor melakukan perubahan pada nama Honda Supra. Yaitu Honda Supra X 100 dengan 100cc, dan Supra Fit dengan 100cc pula, bedanya Supra Fit tidak menggunakan rem cakram dan merupakan versi murah dalam jajaran Supra Series. Kelemahan yang begitu mencolok dari motor ini adalah tenaganya yang kalah kuat dan kalah cepat dari kompetitornya, karena saat itu kompetitor sudah menggunakan mesin 110 cc sementara Supra X ini masih 100 cc.
Spestifikasi Honda Supra X 100
Panjang x lebar x tinggi
1.907 x 702 x 1.069 mm
Jarak sumbu roda
1.234 mm
Jarak terendah ke tanah
147 mm
Berat kosong
99.4 kg
Tipe rangka
Tulang punggung
Tipe suspensi depan
Teleskopik
Tipe suspensi belakang
Lengan ayun dan peredam kejut ganda
Ukuran ban depan
70/90 - 17M/C 38P
Ukuran ban belakang
80/90 - 17M/C 44P
Rem depan
Cakram Hidrolik, Piston ganda
Rem belakang
Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar
3,7 liter
Tipe mesin
4 langkah, SOHC, pendinginan udara
Diameter x langkah
50 x 49,5 mm
Volume langkah
97,1 cc
Perbandingan kompresi
9,0  : 1
Daya maksimum
7,3 PS/8.000 rpm
Torsi maksimum
0,74 kgf.m/6.000 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin
0,70 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis
Ganda, otomatis sentrifugal, tipe basah
Gigi tranmisi
4 kecepatan, bertautan tetap
Pola pengoperan gigi
N-1-2-3-4-N (rotari)
Starter
Pedal dan elektrik
Aki
12 V; 3,5 Ah
Busi
ND U20FS, U22FS-U ; NGK C6HSA, C7HSA
Sistem pengapian
AC-CDI, Magneto

Generasi Kedua (2005-2007)

Merupakan redesign dari Supra X 100, juga mesin ditingkatkan menjadi 125cc

Generasi Ketiga (2007-2011)

Facelift dari generasi kedua.

Generasi Keempat (2011-sekarang)

Facelift dari generasi ketiga dengan penambahan fitur helm-in.

Honda Tiger

Honda Tiger adalah sepeda motor bertipe sport yang beredar di wilayah Indonesia. Honda Tiger merupakan sepeda motor dengan kapasitas mesin tertinggi yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Generasi produk

Honda Tiger 2000

Generasi ini terbagi menjadi dua periode:

Super Cruiser

Kode produksi: GL-200
Tahun produksi: 1993 - 2002
Variasi warna:
  • 1993 - 1996: Hijau gelap, merah marun, biru keunguan, dan kuning yang merupakan edisi terbatas.
  • 1996 - 2002: Perak, hitam.
  • 1998 - 2002: Merah, perak.
Ciri khas:
  • Lampu belakang dan lampu rem belakang menggunakan satu bohlam.
  • Lampu depan menggunakan reflektor multilensa.
  • Handlebar belakang terpisah kiri dan kanan.
  • Indikator speedometer dan tachometer berwarna hijau dengan dasar putih.
  • Logo Tiger 2000 pada tangki masih berjenis stiker (1993 - 1996), lalu berganti menjadi emblem logam (1997 - 2002).
  • Rumah lampu depan & lampu sein warna hitam (1993 - 1996), lalu berlapis chrome perak (1997 - 2002).
  • Velg jari-jari (1993 - 1998), lalu ada pilihan velg palang dengan palang 6 bermerek Enkei (1998 - 2002).
  • Desain persis seperti Honda CBX200 dari Brasil.

New Super Cruiser

Honda pada periode produksi ini memiliki sedikit perubahan pada desain dan warna dari generasi sebelumnya.
Kode produksi: GL-200S
Tahun produksi: 2002 - Oktober 2006
Variasi warna:
  • 2004: permulaan varian dual tone color, perak dan hitam.
  • 2005: muncul varian warna biru (velg jari-jari).
Perubahan desain bodi:
  • Lampu belakang dan lampu rem belakang menggunakan 2 bohlam berjajar horizontal.
  • Lampu depan menggunakan reflektor diamond-cut.
  • Handlebar belakang menyatu.
  • Indikator speedometer dan tachometer berwarna jingga dengan dasar kelabu.
  • Logo Tiger 2000 pada tangki berjenis emblem logam.
  • Rumah lampu depan dan lampu sein berlapis chrome perak.

Honda Tiger Revolution Cruiser

Pada Honda Tiger generasi ini dilakukan perubahan total pada desain tangki, bodi, stoplamp, peredam kejut, dan sistem knalpot.
Kode produksi:
  • GL-200D (velg jari-jari)
  • GL-200R (velg palang)
Tahun produksi: Oktober 2006 - November 2008
Pilihan warna:
  • Hitam
  • Merah marun
  • Biru
  • Perak
Perubahan desain:
  • Tangki baru dengan shroud besar.
  • Desain bodi belakang berbentuk meruncing.
  • lampu rem belakang menggunakan dua bohlam berjajar vertikal.
  • lampu depan menggunakan reflektor diamond-cut dengan tambahan mini visor di atasnya.
  • handlebar belakang terpisah kiri dan kanan.
  • Logo baru berjenis stiker pada tangki bertuliskan TIGER.
  • Desain velg baru bermerek Enkei.
  • Shockbreaker belakang dengan tambahan reservoir oli (untuk versi velg palang).
  • Blok crankcase mesin kiri dan kanan dicat hitam doff.
  • Desain knalpot baru dengan pelindung panas.
  • Diperkenalkannya SASS (secondary air supply sistem) untuk mengurangi tingkat emisi gas buang knalpot.

Honda Tiger New Revolution Cruiser

Generasi ini terbagi atas 3 periode:

Honda Tiger 2008

Honda Tiger produk tahun ini dirilis dengan moto "Legendary Ride, New Spirit!" yang menggambarkan semangat baru dari sang legenda produksi Astra Honda Motor. Pada periode ini terdapat perubahan utama pada headlight, panel meter, shroud, tail light, dan muffler heat protector.
Kode produksi: GL-200R1
Tahun produksi: November 2008 - 2010
Variasi warna:
  • Hitam
  • Abu-abu
Ciri lain:
  • Desain shroud model baru.
  • Lampu belakang menggunakan dua jenis berbeda: LED (lampu rem) dan lampu pijar (lampu senja).
  • Lampu depan desain baru: asymmetric headlamp dengan lampu utama berbentuk bulat dan lampu jauh berbentuk persegi.

Honda Tiger 2010

Pada periode ini terdapat lebih banyak pilihan, single dan asymmetric lamp. Honda Tiger pada generasi ini memiliki 2 varian yang diproduksi secara paralel, yaitu versi asymmetric headlamp (yang sudah lebih dahulu muncul) dan varian terbaru single headlamp.
Kode produksi: GL-200RA1 (single headlamp)
Tahun produksi: 2010 - 2012
Variasi warna menggunakan tema nama-nama pegunungan di Indonesia dan dunia:
  • Single headlamp:
    • Black Bromo
    • Red Krakatau
    • Grey Leuser
  • Dual headlamp:
    • Black Makalu
    • Red Shavano
    • Grey Elbrus
    • White Cartenz

Honda Tiger 2012

Pada tahun 2012, Astra Honda Motor merilis Honda Tiger dengan empat variasi warna dan striping baru yang menggambarkan penghormatan, kepercayaan, kesetiaan, dan persatuan komunitas pemilik Honda Tiger yang berjumlah 200 komunitas dengan 20.000 anggota. Empat warna Honda Tiger tersebut adalah:
  • Respect Red
  • Trust Violet
  • Loyal White
  • Unity Black
Periode ini merupakan produk terakhir dari Honda Tiger New Revolution Cruiser, dan pertanda akan terlahirnya produk dari Astra Honda Motor yang lebih inovatif dengan merek dagang berlabel Tiger dengan sistem injeksi bahan bakar dan tampilan yang lebih futuristik.

Edisi spesial

Honda Tiger pernah beberapa kali dijadikan sebagai hadiah dari undian yang diselenggarakan oleh beberapa produsen, yaitu:
  • Sprite memberikan Honda Tiger 1996 dengan cat khusus bermotif khas minuman ringan tersebut, dengan warna biru dan hijau.
  • Castrol memberikan Honda Tiger 2005 dengan modifikasi full fairing dengan cat bermotif khas produsen oli tersebut.

Kompetitor

Di pasaran Indonesia, Honda Tiger secara langsung bersaing dengan sepeda motor dengan kapasitas mesin yang setara yaitu Yamaha Scorpio Z, Suzuki Thunder, dan Bajaj Pulsar.

Honda Verza 150

Honda GL15B1DF atau Honda Verza 150 adalah sepeda motor yang diproduksi oleh AHM (Astra Honda Motor) Indonesia, sepeda motor ini dibekali mesin 150 cc SOHC bersilinder tunggal dan telah mengadopsi sistem suplai bahan bakar PGM-FI (programmed fuel injection).
Sepeda motor ini merupakan penerus generasi Honda GL-Pro yang lalu, tetapi sekarang Honda Verza ini telah memiliki desain yang baru dan modern namun memiliki model yang mirip dengan Honda MegaPro Primus tahun 2006, namun Honda Verza ini sudah memiliki teknologi mesin terbaru dan kapasitas silinder (CC) yang sama dengan Honda New MegaPro yaitu 150 cc.
Honda Verza 150 ini memiliki kembaran tipe sepeda motor yaitu Honda CB150R Street Fire dengan desain dan model lampu yang mirip tetapi Honda CB150R Street Fire ini lebih fokus kepada performa kecepatan tinggi dibandingkan dengan Honda Verza 150 yang fokus terhadap kekuatan mesin untuk kegunaan sehari-hari.
Tampil dengan desain sporti dan maskulin, didukung mesin 150cc SOHC-PGM-FI yang tangguh, responsif, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan serta fitur yang sporti, fungsional dan aman membuat Honda Verza 150 layak menjadi motor sport idaman

Spesifikasi

  • Tipe mesin: 4 langkah, SOHC, silinder tunggal
  • Sistem suplai bahan bakar: Injeksi PGM-FI
  • Daya maksimum: 9,72 kW (13,2 PS)/ 8500 rpm
  • Torsi maksimum: 12,7 Nm (1,29 kgf.m)/6000 rpm
  • Tipe starter: kaki dan elektrik
  • Tipe kopling: manual, multiple wet clutch
  • Dimensi motor: panjang 2056 mm, lebar 742 mm, tinggi 1054 mm
  • Jarak terendah ke tanah: 156 mm
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 12,2 liter
  • Berat kosong: 129 kg
  • Ukuran ban depan: 80/100-17MC46P
  • Ukuran ban belakang: 100/90-17M/C55P
  • Rem: depan cakram hidrolik dengan piston ganda, belakang tromol
  • Suspensi: depan: teleskopik, belakang suspensi ganda

Tipe

Honda Verza 150 tersedia dalam tipe/model yaitu:
  • Honda Verza 150 CW (Cast Wheel) menggunakan Velg sport dan terdapat Dynamic Airflow di sebelah kanan dan kiri sisi tangki bensin

Warna

Pada pengeluaran pertama, warna yang tersedia adalah: Marine Blue (Biru), White (Putih), Masculine Black (Hitam), Sporty Red (Merah), dan Tough Silver (Abu-abu).

Panel Instrumen

Honda Verza memiliki dashboard yang cukup simple, yaitu satu indikator analog kecepatan km/jam, indikator netral, indikator lampu jauh, indikator emisi mesin, indikator lampu sein, dan panel digital yang menampilkan kilometer jarak dan bensin. Pada panel tersebut juga tersedia tombol reset untuk mengatur kembali jarak kilometer yang terpapan di panel tersebut.

1 comment: